Saturday, June 16, 2012

Hidup Berubah Ketika Menjadi Orangtua

Kehidupan selalu berjalan layaknya sebuah lingkaran yang tak akan ada putusnya. Dimulai dari lahir ke dunia menjadi bayi, tumbuh remaja mencari jati diri, dewasa mencari pasangan, menikah, dan menjadi orang tua. Begitu seterusnya tanpa akhir. 
menjadi orangtua

Sementara kehidupan sebelum menjadi pasangan sah dari lawan jenis cenderung berjalan lebih bebas karena belum hadirnya kewajiban tetap dan dorongan secara moral untuk berubah. Sebagian besar akan merasakan perubahan awal pada tahap ini. Memiliki pasangan tetap yang mengurus dan memperhatikan Anda, lalu setumpuk aturan dan norma untuk lebih berhati-hati dalam berperilaku. Tak hanya kesehatan bidang fisik yang akan meningkat, namun kenyamanan batin akan lebih terpelihara ketika Anda menemukan “jodoh”. 

Sedangkan tahap terbesar yang memberikan perubahan mendalam pada seseorang adalah ketika ia mengemban tugas menjadi orang tua atau ketika ia memiliki anak. Barangkali ketika ia menikah, mungkin ia masih menghambur-hamburkan uang dan kurang mempedulikan sikapnya, masih terbawa kebebasan saat ia membujang dan sejumlah perkara lainnya. 

Sedangkan ketika Anda telah memiliki anak bahkan ketika ia masih berada dalam kandungan, Anda pasti akan berpikir keras secara perlahan sedikit demi sedikit. Anda akan mulai memperhatikan istri, atau mulai menghitung uang untuk kebutuhan susu dan popoknya hingga biaya pendidikan calon anak. 

Tak hanya itu, sebagai calon orang tua akan membuat Anda berpikir beberapa kali untuk melakukan tindakan tak benar. Hati kecil Anda akan berteriak, Anda tak ingin anak Anda melakukan hal yang sama. Atau bagaimana jika anak Anda tahu, pasti ia akan kecewa. Terlebih figur orang tua merupakan sarana percontohan dan tokoh idola mereka yang pertama. 

Apapun caranya, Anda akan memberikan yang terbaik bagi mereka. Itulah sebabnya jika mungkin Anda berubah ramah walaupun sebelumnya tak demikian. Kadang-kadang perubahan itu di luar logika. Anda akan melupakan segala hal yang tak berguna. Yang Anda pikirkan adalah masa depan yang baik, untuk keluarga, terutama untuk anak tercinta. 

Ketika ia mulai lahir ke dunia dan menangis, maka Anda akan bahagia melebihi apapun itu. Melihat diri Anda dalam bentuk semungil itu akan membuat Anda semakin jatuh hati padanya. Ketika ia mulai merangkak dan berjalan, Anda akan bergembira dan tak ingin melewatkan satu tahap pun dari perkembangannya. Ketika ia tengah sakit, maka mungkin Anda seketika akan berubah menjadi pribadi yang cengeng ketika air mata tak sengaja mengalir. Dan Anda tak pernah mempermasalahkannya, karena semua orang pasti demikian. Maka Anda mulai berubah menaruh simpati. Bisa jadi Anda akan iba jika melihat anak kecil lain yang sakit, sekalipun itu bukan buah hati Anda.Namun demikian, perlu dipahami bahwa seorang ibu selalu punya obat terbaik bagi buah hatinya.

Dengan menjadi orang tua, Anda akan semakin ketat mengatakan kata demi kata. Berusaha tak menimbulkan ucapan yang akan membuatnya “tersesat” demikian juga untuk perbuatan. Jika mungkin Anda pernah melakukan suatu kesalahan atau keburukan, Anda tak ingin sang anak melakukan hal yang sama untuk alasan apapun. Cukuplah Anda yang terjebak, dan harapan akan kehidupan yang lebih baik untuk anak akan selalu terselip dalam doa Anda. 

Hal diatas hanya sebagian perubahan ke arah yang lebih baik untuk mereka yang berganti status menjad orangtua. Walaupun demikian beberapa pasangan lebih ingin menunda momen tersebut hanya sekedar untuk bersenang-senang berdua menikmati hidup. Sebagian lagi berpikir untuk menyiapkan bekal terbaik untuk calon anaknya nanti. 

Semua orang bebas untuk memilih menjalani hidupnya masing-masing. Setiap manusia lahir membawa rizki yang telah ditetapkan untuknya tanpa mampu berkurang diambil orang. Hanya pasti akan membutuhkan usaha untuk meraihnya. Maka tak perlu khawatir akan hal tersebut selama Anda tetap berusaha. 

Maka jangan urungkan niat mulia Anda untuk memiliki anak. Hidup dengan lebih baik dengan mengajarkan mereka kebaikan. Menjadi orang tua akan membuat hidup Anda menjadi lebih baik, terarah, dan lebih bermakna.


sumber


About

Always read, and you can found something in this world
Designed By Seo