Sunday, March 11, 2012

Tak Ada Seorangpun Yang Tahu Tinggi Mount Everest Yang Sebenarnya

Percaya atau tidak, tak satu pun manusia yang mengetahui ketinggian sebenarnya dari puncak gunung tertinggi di dunia, gunung Everest. Sejauh ini, kita sepakat bahwa gunung itu memiliki tinggi 8.848 meter, sesuai hasil survei yang dilakukan oleh pemerintah India pada tahun 1954 lalu.

Hasil yang sedikit berbeda diungkapkan oleh pemerintah China yang menyatakan tinggi Everest hanya 8.843 meter, karena mereka tidak menghitung lapisan es di puncak gunung tersebut. Di sisi lain, US National Geographic Society, yang mengukur ketinggian Everst pada tahun 1999 menggunakan GPS menyatakan, tinggi gunung itu 8.849 meter.

Kini, Nepal, negara yang bersama dengan China, yang sama-sama memiliki sebagian kawasan gunung tersebut, meminta bantuan dunia internasional untuk mengukur ketinggian pasti gunung Everest. Bantuan yang diperlukan berupa dana dan pengetahuan dari donor internasional, dan juga komunitas ilmiah global.

Kepastian tinggi gunung ini sendiri penting bagi negara-negara terkait seperti Nepal dan China yang saling berbagi perbatasan di puncak gunung itu. Sayangnya, ketinggian pasti gunung itu sendiri tidak dapat disepakati jika kedua negara belum setuju apakah lapisan salju di puncak gunung akan dihitung atau tidak.

Yang pasti, satu hal penting yang harus dipertimbangkan adalah, lempeng tektonik sub kontinen India merupakan lempeng yang aktif dan terus menghantam lempeng Himalaya. Proses yang telah berlangsung selama jutaan tahun ini merupakan fenomena yang memunculkan gunung tersebut. Kalaupun angka pasti ketinggian gunung Everest sudah ditemukan, kemungkinan, dalam seribu tahun ke depan, ketinggian gunung itu perlu diukur ulang.

sumber


About

Always read, and you can found something in this world
Designed By Seo