Tuesday, January 31, 2012

6 Rahasia Kunci Perbedaan Fisik Pria dan Wanita

‘Dimorfisme seksual’ merupakan istilah untuk perbedaan fisik antara pria dan wanita. Pada manusia, terdapat beberapa kunci perbedaan pada fisik. Apa saja?
Beberapa perbedaan ini dirancang agar sesuai untuk tiap jenis kelamin untuk memainkan peran dalam reproduksi sementara perbedaan lainnya ada untuk membantu membedakan serta untuk daya tarik mutual.

Payudara dan Dada
Wanita memiliki payudara sementara pria memiliki dada rata namun tetap memiliki puting. Mengapa? Wanita merupakan satu-satunya primata berpayudara, bahkan saat mereka tak sedang menyusui. Kebanyakan ilmuwan menduga, payudara merupakan trik evolusioner untuk menarik pria.
Payudara berisi lemak digunakan untuk memberi isyarat kemampuan wanita memberi makan pada anak. Selain itu, payudara juga membantu pria pria ‘memilih’ wanita untuk mencapai keberhasilan reproduksi. Pada pria, dada rata mereka juga memiliki puting karena gen yang mengkodekan perkembangan puting ‘menyala’ saat di rahim.

Jakun
Pria dan wanita memiliki tulang rawan di sekitar kotak suara mereka. Karena kotak suara pria lebih besar (yang memberi pria suara lebih berat) tulang rawan pria lebih menonjol. Inilah yang disebut jakun. Mengapa pria memiliki suara lebih berat dari wanita?
Suara pria terkait jumlah hormon seksual testosteronnya. Tingkat hormon ini mengindikasikan kualitas dan kesehatan seksualnya. Hasil studi menunjukkan, karena wanita mencari pria sehat, mereka cenderung tertarik pria bersuara berat karena wanita ingin memiliki keturunan yang sehat.

Muka Berbentuk Kotak dan Hati
Makin besar kadar testosteron pria, makin tampak alis, tulang pipi dan garis rahangnya. Sementara itu, makin besar kadar estrogen wanita, makin lebar wajahnya, bibir penuh dan alis yang makin tinggi. Pendeknya, hormon seksual mengendalikan perbedaan fitur wajah pria dan wanita.
Wanita cenderung menilai pria dari fitur maskulinnya, terutama saat sedang berovulasi. Untuk pasangan jangka panjang, hasil studi menunjukkan, wanita cenderung memilih pria dengan fitur keperempuan-perempuan yang memiliki kadar testosteron rendah karena mereka dianggap lebih loyal pada pasangannya dan bisa menjadi ayah yang perhatian.

Berbulu dan tak berbulu
Sejak puber, banyak bulu tumbuh pada tubuh pria, terutama wajah, dibanding wanita. Hal ini disebabkan hormon seksual yang disebut androgen yang merangsang pertumbuhan bulu dan pria memiliki lebih banyak hormon ini. Namun, apa yang menentukan pola pertumbuhan bulu pria dan mengapa pria memilikinya?
Kebanyakan psikolog evolusioner yakin, jenggot menjadi populer karena sebagian besar wanita melihat pria dengan bulu di wajah lebih menarik, karenanya mereka cenderung memilih pria berjenggot. Daya tarik ini muncul tak hanya karena sinyal tingginya kadar testosteron juga karena kedewasaan seksual pria.

Berkulit Cerah dan Gelap
Pria tampan seringkali digambarkan sebagai figur berkulit gelap dan wanita cantik digambarkan sebagai figur pirang dengan kulit cerah. Sosiolog University of Washington Pierre van den Berghe mengatakan, “Secara virtual, wanita berkulit cerah dan pria berkulit gelap dan banyak wanita yang cenderung memilih pria berkulit gelap,” dalam bukunya berjudul ‘Fair Women, Dark Men’.
Preferensi ini mencerminkan fakta, sejak puber, wanita cenderung memiliki kulit, rambut dan mata berwarna cerah dibanding pria. Warna di tiap jenis kelamin ini menunjukkan feminim dan maskulin. Ilmuwan yakin, kulit cerah wanita muncul karena ‘terprogram’ saat terpapar estrogen saat sebelum lahir.

Berotot atau melengkung
Pada umumnya, pria lebih berotot dibanding wanita. Kekuatan wanita setengah kekuatan pria untuk tubuh bagian atas dan kekuatan wanita duapertiga kekuatan pria di tubuh bagian bawah. Sementara pria dapat cepat membakar kalori lebih cepat, metabolisme wanita cenderung mengubah lebih banyak makanan menjadi lemak.
Wanita menyimpan lemak ekstra pada payudara, pinggul, pantat dan di bawah lapisan kulit mereka. Hal inilah yang membuat kulit wanita lebih lembut dibanding pria. Tubuh pria dan wanita dirancang sedemikian rupa agar sesuai dengan perannya masing-masing. Tubuh wanita tercipta untuk mengandung dan melahirkan bayi.
Karenanya, wanita memiliki pinggul lebih lebar dan esktra lemak tersimpan selama kehamilan. Dalam hal ini, pria lebih diuntungkan karena tak harus mengandung dan melahirkan dan mereka pun bisa menjadi sekuat yang mereka bisa, termasuk untuk mencari makanan dan saat berkompetisi dengan pria lainnya.



About

Always read, and you can found something in this world
Designed By Seo