Wednesday, July 18, 2012

Penanda-Biologi Baru di Dalam Darah Bisa Bantu Ramalkan Alzheimer`s


Washington (ANTARA/Xinhua-OANA) - Tingkat lebih tinggi lemak tertentu di dalam daerah yang disebut ceramide mungkin meningkatkan risiko seseorang menderita penyakit Alzheimer`s, demikian satu studi yang disiarkan di edisi daring Neurology, jurnal American Academy of Neurology. 
Untuk studi tersebut, 99 perempuan yang berusia antara 70 dan 79 tahun dan terbebas dari dementia di dalam Women`s Health and Aging Study II menjalani pemeriksaan darah untuk mengetahui kandungan serum ceramide, zat lemak yang ditemukan di seluruh tubuh dan berkaitan dengan peradangan serta kematian sel. 
Para peserta tersebut ditempatkan di tiga kelompok --tingkat ceramide tinggi, sedang dan rendah. Perkembangan mereka lalu diikuti selama sembilan tahun. 
Dari 99 peserta, 27 menderita dementia dan 18 di antara mereka didiagnosis mungkin menderita Alzheimer`s, demikian laporan Xinhua --yang dipantau ANTARA di Jakarta, Kamis. 
Studi tersebut mendapati perempuan yang memiliki tingkat tertinggi penanda-biologi 10 kali lebih mungkin untuk menderita penyakit Alzheimer`s dibandingkan dengan perempuan dengan tingkat paling rendah. 
Mereka yang berada memiliki tingkat sedang penanda-biologi hampir delapan kali lebih mungkin untuk menderita penyakit itu dibandingkan dengan mereka yang memiliki tingkat paling rendah. 
"Studi kami mengidentifikasi penanda-biologi ini sebagai sasaran baru yang potensial untuk perawatan dan pencegahan penyakit Alzheimer`s," kata penulis studi tersebut Michelle Mielke, ahli epidemiologi di Mayo Clinic di Minnesota.(rr)


About

Always read, and you can found something in this world
Designed By Seo